Kertas Decal itu mudah

Memakai kertas decal untuk diaplikasikan di hampir semua media, seperti :  logam, kaca, gelas, keramik, mug atau cangkir, lilin, kayu, plastik, mainan anak-anak … dan banyak lagi media lainnya yang bisa ditempelin dengan kertas decal.

Sudah banyak artikel saya tulis di blog saya seperti di multisaranacetak.com, keramik88.com, dan blog ini juga, tetapi masih banyak juga yang masih merasa kesulitan ketika menggunakan atau mempraktekkannya.

Kebanyakan mereka yang mengalami kesulitan adalah mereka yang malas membaca artikelnya. Atau yang hanya sebagian saja membaca, tidak sabaran  sudah menanyakan melalui WA atau telpon.

Padahal bila anda mau sedikit bersabar membaca, maka anda akan dengan mudah mengerti yang segera bisa menerima pesanan. ( harapan saya )

Banyak cara atau metode kertas decal: mungkin anda juga bingung dengan membaca di beberapa blog saya dimana banyak cara atau metode dalam mempraktekan kertas decal. Misalnya kertas decal dengan printer laser, kertas decal dengan tinta sublime, kertas decal menggunakan sablon, kertas decal menggunakan tinta gelas, kertas decal menggunakan tinta action color dsb.

Pilih salah satu cara atau metode yang cocok dengan kemampuan anda. konsentrasi disana sampai anda bisa, praktekkan dulu, kalau tidak mengerti silahkan anda tanyakan.

Pilox Clear : kebanyakan pelapisan atau coating diatas kertas decal saya sarankan memakai pilox clear karena praktis dan mudah menggunakannya. Tetapi kelemahannya adalah pilox clear ini tidak tahan lama. Maksudnya bila sudah lebih dari 2 jam setelah disemprotkan, lapisan tersebut ketika ditempel di media dan digosok agar rapi, lapisan ini mudah sekali robek.

Daya rekat : daya rekat lapisan pilox clear lebih awal ditempel lebih kuat dibanding setelah seharian baru ditempel. Jadi bila kelamaan ditempel, selain mudah robek, daya rekatnya juga berkurang.

Rakel: untuk menggosok setelah ditempel di permukaan media saya sarankan memakai rakel khusus kertas decal. Selain hasilnya lebih cepat juga gelembung atau air yang masih tersisa bisa lebih cepat bersih. Coba perhatikan video dibawah ini memakai rakel khusus, yang bisa anda dapatkan di multisaranacetak.com

 

Sekarang saya akan ambil sebuah artikel yang paling lama, coba saya edit kembali mungkin bisa membuat anda lebih jelas .

Keterangan gambar diatas :

1.Kertas decal dicetak dengan printer inkjet atau printer laser

  1. Setelah itu tutup dengan lapisan pilox clear atau varnish merk lain
  2. Soak: maksudnya setelah lapisan pilox cukup kering ( kurang lebih 2 jam ) , gunting , masukkan kedalam air , didiamkan beberapa menit sampai lapisan pilox bisa di geser
  3. Ambil, letakkan dipermukaan media, geser lapisan pilox, sampai pilox terlepas dari kertas decalnya, buang kertasnya. Lapisan pilox beserta gambarnya diatur posisinya, gosok dengan rakel agar merata dan tidak ada gelembung udara dan sisa air yang tersisa
  4. Keringkan bisa menggunakan hair dryer, tetapi untuk lebih kuat saya sarankan pakai oven untuk panggang roti.
  5. Lebih jelas untuk keterangan no. 4 lihat video di bawah

Beberapa nama, istilah, sebutan dari Kertas Decal : Inkjet Water-Slide Decal Paper, Transfer paper atau Kertas decal yang permukaannya dilapisi lem, sehingga bila ada lapisan varnish diatasnya bisa terangkat atau lepas bila dimasukkan kedalam air.

Dan lapisan Varnish itu bisa dipindah ( transfer ) ke media apa saja asal permukaannya halus dan tidak meresap.

 

Dengan menggunakan kertas Decal ini , cetakan bisa di pindah ( transfer ) atau diaplikasikan kepermukaan : Gelas, metal ( besi, baja, aluminium ), keramik, terracotta, kayu, peralatan rumah tangga, lilin hias, mainan anak-anak dari plastik, peralatan pancing ikan, mobil, sepeda motor, helm, pigura, sampul buku atau sampul album, sabun, ….Waooow banyak sekali yang lainnya.

Beberapa foto percobaan saya dengan Water Slide Decal Paper:

Water-Slide Decal yang diaplikasikan ke Mug Keramik tanpa coating.
Water-Slide Decal yang diaplikasikan ke Mug Keramik tanpa coating.
Beberapa mug diatas memakai Kertas Decal, setelah dipanasi di oven 100 derajat selama 5 menit hasil-nya lebih kuat, hampir menyamai mug yang memakai alat press pemanas.
Beberapa mug diatas memakai Kertas Decal, setelah dipanasi di oven 100 derajat selama 5 menit hasil-nya lebih kuat, hampir menyamai mug yang memakai alat press pemanas.

 

piring, decal
Piring diatas juga menggunakan Kertas Decal

 

telenan kayu dihias dengan kertas decal

Tattoo menggunakan kertas decal, coating memakai tattoo coat
Water-Slide Decal yang diaplikasikan ke Cangkir dari Stainless

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *