kertas decal, transfer paper, stiker decal,sticker decal, kertas decal, transfer paper, stiker decal, frosted glass, sticker decal,

membuat jam dinding dari akrilik, impraboard, kayu memakai kertas decal

membuat jam dinding dari akrilik, impraboard, kayu memakai kertas decal.

Kalau yang kita pasang jam dinding dirumah memakai jam biasa, ya biasa saja. Orang tidak akan tertarik kecuali akan mengetahui jam berapa sekarang? Tetapi sekarang hampir semua punya hand phone atau HP, jadi kecil kemungkinan mencari dimana letak jam dinding.

jam dinding acrylic pakai kertas decal
jam dinding pakai bahan acrylic , ditempel kertas decal

Tetapi kalau ada pajangan, hiasan berupa jam dinding, apalagi menarik, lain dari pada yang lain pastinya akan menyita perhatian sang tamu atau orang lain. Apalagi bagusnya kan bisa ditempel foto selfie atau foto pacar, keluarga, foto bayi dll pastinya lebih menarik dan murah sekali

Cara membuatnya juga sangat mudah, bahan yang diperlukan :

1.Bahan dasar jam dinding bisa pakai acrylic, impraboard, kayu triplek, kertas karton, dan bisa anda kembangkan sendiri mau pakai apalah, apalah…

Untuk bahan dari acrylic kalau bentuknya bundar bisa di potong pake laser atau gergaji triplek. Kalau kotak bisa pakai cutter khusus acrylic, meskipun bisa juga pakai pisau cutter biasa.

Kalau impraboard , karton, bisa menggunakan gunting biasa.

jam dinding bahan acrylic ditempel dengan kertas decal printer laser
jam dinding bahan acrylic ditempel dengan kertas decal printer laser

 

impraboard
impraboard

2.Kertas Decal, disebut juga water decal, stiker decal, transfer paper ,

pastinya yang paling bagus ada di multisaranacetak.com

Ada beberapa macam kertas decal tergantung tinta yang dipakainya. Kalau cetak pakai printer laser, pakai kertas decal untuk laser atau kertas decal biasa ( asli ). Kalau pakai tinta sublime, art paper, durabrite, pigment sebaiknya pakai kertas decal khusus sublime. Bisa saja memakai kertas decal biasa, hasilnya akan blur, blobor, pecah.

3. Coating ( lapisan diatas gambar ).

Coating yang paling mudah dipakai adalah acrylic lacquer paint pilox clear atau merk lain seperti A72, samurai dll. Coating jenis ini kekurangannya mudah robek, patah bila terlalu kering, sebaiknya di spray 3-4 lapis, dan langsung dipakai setelah 2 jam dikeringkan di suhu ruangan.

Coating jenis lain yaitu clear cover coat, jenis ini tidak mudah patah, robek meskipun disimpan beberapa bulan. Tetapi kelemahannya pengerjaan lebih sulit karena harus disablon manual memakai teknik sablon. Kelebihan lainya lebih lentur sehingga bisa dipakai untuk helm yang permukaannya bulat.

jam dinding memakai bahan impra board ditempel dengan kertas decal
jam dinding memakai bahan impra board ditempel dengan kertas decal

4. Gunting

5. Mesin Jam. Mesin jam ini banyak ada dipasaran, mudah dibelinya. juga ada di multisaranacetak.comĀ  atau bisa dibeli di tokopedia.com/multisaranacetak

mesin jam dinding
mesin jam dinding

6. Gantungan paku

7. Lem Alteco untuk melekatkan gantungan paku

Nah kalau semuanya sudah siap, pertama cetak dulu kertas decalnya, kalau ditempat saya, bisa mencetakkan di jasa print laser sebesar A3. Dengan biaya cetak 5000 perlembar A3. sehingga bisa membuat jam dinding yang lebarnya sampai 32 cm. Kalau A4 hanya bisa membuat jam dinding diameter 21 cm.

Setelah itu kita semprot, spray dengan pilox clear atau sejenisnya, sebanyak 3-5 lapis, lebih tebal lebih baik. Tetapi caranya tidak boleh sekali spray sebanyak 5-6 lapis karena akan bergelembung. Spray pertama 3 lapis saja, setelah agak kering spray lagi 3 lapis. setelah itu dibiarkan kering di suhu ruangan.

Setelah 2 jam kertas decal yang sudah di print sudah bisa diaplikasikan, ditempel ke permukaan media. Gunting sesuai bentuk gambar, masukkan kedalam nampan yang sudah terisi air, tunggu sampai sudah bisa digeser. Setelah bisa digeser, tempelkan di permukaan media, tahan lapisan yang sudah tergeser dan tarik kertas decal yang ada dibawahnya sampai semuanya tertarik keluar.

Geser untuk menyesuaikan letak yang diinginkan, gosok dengan karet rakel khusus kertasdecal agar supaya gelembung dan air yang berada dibawah lapisan gambar bisa keluar. Setelah itu lap dengan kain bekas atau tissue agar air bersih dari permukaan. Keringkan beberapa jam di suhu ruangan agar gambarnya mengeras, atau bisa juga di hairdryer ( pengering rambut ).

Setelah kering betul, sekarang waktunya memasang mesin jamnya. Pastinya ditengah sudah ada lubang sebesar yang ada di mesin jam. Masukkan kedalam lubang yang ada ditengah, pasang mur, panah yang pendek dulu, panah panjang dan setelahnya jarum jamnya. atur agar yang panjang ke angka 12, yang kecil diangka 3 atau 6.

Pasang gantungan paku bisa anda buat sendiri bentuknya seperti dibawah ini atau kreasi anda sendiri, rekatkan dengan lem Alteco atau lem lainnya.

gantungan paku dari bahan acrylic
gantungan paku dari bahan acrylic

Pasang batterynya, check apakah sudah bisa jalan? setelah itu tempel ke dinding yang mudah dilihat orang.

Semoga bermanfaat bagi anda.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

kertas decal, transfer paper, stiker decal,frosted glass, sticker decal
You cannot copy content of this page